About

Minggu, 30 Juni 2013

Kenapa laron suka cahaya



     Sesuai judulnya kali ini kita akan membahas tentang laron. Laron adalah serangga yang menurutku nggak asing lagi untuk orang orang yang tinggal di indonesia. Laron yang kita ketahui ini sebenarnya adalah rayap (penjelasannya disini sumbernya wiki), mereka suka sekali sama yang namanya cahaya lampu. Serangga ini  tinggal di dalam tanah dan akan mulai mendatangi benda-benda terang kita pada waktu musim penghujan.

"Laron (White Ants) ini dia akan keluar secara bergerombol dari dalam tanah pada waktu awal musim hujan atau ketika udara didalam tanah terasa lembab, Nah pada saat ini lah Laron-Laron tersebut mencari cahaya terang disekitarnya"

Nah Kenapa Laron Suka Cahaya Terang? 
sumber
Ternyata hewan yang satu ini mencari atau suka cahaya terang selain untuk menghindari
udara lembab dari dalam tanah, taukah sobat pada saat ini pula proses pengembangbiakan pun dilakukan, seperti halnya manusia laron pun pada saat tertentu akan mencari pasangan hidupnya untuk proses perkembangbiakan keturunannya.
Pada saat hujan turun, udara didalam tanah tempat tinggal laron menjadi lebih lembab, hal ini dihindari oleh laron sehingga laron keluar dari sarang nya mencari sumber cahaya yang kita tau apabila lampu menyala, lampu atau sebagainya menjadi panas dan kemudian meradiasikan kalor atau panas kesekitarnya.
Pada proses ini pula, laron melakukan proses perkembangbiakan nya seperti halnya dengan makhluk hidup lain. Sedihnya, apabila laron atau rayap-rayap ini keluar dari sarangnya, sayap-sayap nya rentan patah dan mengakibatkan kematian.

Dari penjelasan singkat diatas kita tau salah satu alasan kenapa laron suka cahaya karena pada saat itu laron membutuhkan lingkungan yang tepat untuk berkembangbiak. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit laron yang jatuh terus mati karena tidak bisa terbang lagi. 

Dari sini kita bisa liat perjuangan makhluk kecil yang rela mati demi kelangsungan spesies nya. 
Bagaimana dengan manusia? Manusia juga begitu, tapi sampai sekarang sering kita dengar kabar bahwa sesama manusia ada yang malah mengilangkan nyawa. Wahwahwah.


7 komentar:

  1. kalian tidak tahu apa2, laron ad/ searangga pengganggu di malam haru pada saat kita lg asik bersantai, sy akan membunuh mereka kalo menyerang rumah sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang mmg serangga ini sangat mengganggu. Saya juga sering melihat terjadi, kalau hujan di mesjid yg biasa sy datangi, laron2 akan datang juga sangat banyak

      Hapus
  2. makasih ya infonya, baru tau...

    BalasHapus